17 Feb 2012

Pembelajaran Berbasis IT

Semua orang pasti membutuhkan apa yang namanya teknologi. Bagi siswa, teknologi dapat membantu dalam proses pembelajaran. Internet salah satunya. Internet amat berguna untuk pencarian tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Dan juga dapat dijadikan sarana pencarian untuk beberapa materi pelajaran yang ada dan juga untuk mengali informasi. Untuk itu perlu adanya pengenalan IT mulai dini (tingkat dasar) kepada siswa-siswi, demi mewujudkan itu maka pihak lembaga MI Semaru memberikan sarana pengenalan internet bagi siswa maupu juga bagi guru. Dengan segala keterlibtan dan peran aktif dari semua lini yang terkait. 
ada beberapa hal manfaat dari pembelajaran TI ini yaitu:
  • Untuk presentasi tentang berbagai macam pelajaran yang sedang diajarkan.
  • Untuk mendemonstrasikan suatu pelajaran seperti tentang sejarah kemrdekaan, sejarah zaman kerajaan dan sebgainya
  • Kelas Virtual yaitu kelas yang dalam pembelajarannya menggunakan alat elektronik yang dapat membuat siswa menjadi lebih mengerti pelajaran. 
  • Guru juga bisa menfaatkan IT sebgai sumber referensi model-model pembelajaran.
selain itu juga dapat menambahkan bahwa kita harus mengikuti pembelajaran TI ini karena pembelajaran TI ini akan mempermudah kita dalam menerima ilmu dari segala macam mata pelajaran apapun. Karena kita sekarang hidup di era global maka sebaiknya kita memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk memperdalam ilmu kita tentang segala macam mata pelajaran apapun. Pembelajaran TI sebetulnya mudah untuk dijalankan disekolah maupun di luar sekolah. Cara penyampaian pembelajaran TI ini yaitu dengan memenuhi beberapa syarat yang harus dipenuhi demi terwujudnya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran,diantaranya :
  • Adanya akses teknologi internet untuk guru maupun siswa,baik di dalam kelas,sekolah,maupun lembaga pendidikan guru,
  • Adanya materi yang bermutu bagi guru dan siswa,
  • Guru harus harus produktif terhadap perkembangan TIK.

0 komentar:

Posting Komentar