20 Feb 2012

KEGIATAN IDUL ADHA


Idul Adha dan peristiwa kurban yang setiap tahun dirayakan umat muslim di dunia seharusnya tak lagi dimaknai sebatas proses ritual, tetapi juga diletakkan dalam konteks peneguhan nilai-nilai kemanusiaan dan spirit keadilan. 

Kurban dalam bahasa Arab sendiri disebut dengan qurbah yang berarti mendekatkan diri kepada Allah. Dalam ritual Idul Adha itu terdapat apa yang biasa disebut udlhiyah (penyembelihan hewan kurban). Pada hari itu kita menyembelih hewan tertentu, seperti domba, sapi, atau kerbau, guna memenuhi panggilan Tuhan. Idul Adha juga merupakan refleksi atas catatan sejarah perjalanan kebajikan manusia masa lampau, untuk mengenang perjuangan monoteistik dan humanistik yang ditorehkan Nabi Ibrahim. Idul Adha bermakna keteladanan Ibrahim yang mampu mentransformasi pesan keagamaan ke aksi nyata perjuangan kemanusiaan.

Tampak suasanya dalam foto ke kegiatan kebersamaan dalam ikut serta memaknai hari yang bersejarah bagi umat Islam yaitu Hari Raya Idul Adha 1431 H yang di laksanakan di MI Nurul Huda Semarum. Penyembelehan 2 ekor kambing yang di laksanakan oleh Guru, Siswa dan Pengurus terlaksana dengan baik dan meriah. Daging kurban yang selanjutnya di bagikan kepada warga sekolah dan masyarakat sekitar yang juga mendapatkan respon sangat positif dari masyarakat. Banyak juga hal positif selama proses kegiatan ini berlangsung, kapan lagi Guru, Pengurus dan Para Siswa berbaur jadi satu dengan sangat akrap mengerjakan sesuatu bersama-masa hingga selesai.

0 komentar:

Posting Komentar